Prakarya dan Kewirausahaan

Posted on

Sudah menapaki bulan ketiga dalam semester ini, dan hingga hari ini, saya benar-benar menemukan arah yang tidak jelas dalam menelaah KI dan KD yang saya terima dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

Program semester belum mampu saya susun apalagi program tahunan! Artinya saya mendidik siswa sesuai dengan kemampuan saya yang terbatas dalam memahami kalimat-kalimat yang tertuang dalam KI dan KD mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

Kebetulan saya sudah mengampu mata pelajaran Kewirausahaan hampir enam belas tahun, tetapi untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini jian benar-benar ngungun saya, karepe piye? 

Saya tanya putriku yang juga kelas X di SMA, pelajaran PDK (Prakarya dan Kewirausahaan) diampu oleh guru Seni Budaya diberikan materi tentang desain batik untuk membuat taplak meja ( lima buah desain), wadew lha kok juga sudah berbeda dengan KD yang saya baca, mungkin juga untuk SMA ini adalah mata pelajaran baru yang gurunyapun pasti belum ada dan belum berpengalaman!

Saya googling juga menemukan di SMA mapel PDK ini diampu oleh guru TIK yang jamnya sudah hilang, wah wah wah!

Mereka lebih menekankan pada desain grafis menggunakan Corelldraw, lalu nanti di cetak untuk membuat batik!

He he, lha disekolah saya ada lima orang guru Kewirausahaan, empat diantaranya mengajar PDK untuk kelas X, tetapi saya yakin seyakin yakinnya bahwa kami berempat memberikan materi yang berbeda kepada mereka, sesuai dengan persepsi kami masing-masing, arep dadi opo nek ngene iki terus?

Hmm sebenarnya apa ya yang dimaui oleh penyusun kurikulum ini?Image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s