RPP KEWIRAUSAHAAN KD 1.1

Posted on

Menjelang tahun pelajaran baru 2012/2013 guru dituntut untuk membuat perangkat mengajar yang kalau dibayangkan tidak ada habisnya. Salah satu perangkat mengajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kita biasa menyebut dengan RPP saja biar cepet dan jelas.

Terdapat beberapa versi dalam penyusunannya, yang penting berdasar acuan yang jelas, standar proses misalnya, sehingga apa yang kita buat sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia.

RPP yang benar adalah RPP yang dapat kita gunakan sebagai petunjuk/pembimbing  mengajar di kelas, oleh karena itu dimungkinkan terdapat beberapa versi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan siswanya.

Kadangkala RPP juga dapat disesuaikan dengan ‘selera’ pengawas sekolah selayaknya ketika kita membuat skripsi atau tesis disesuaikan dengan pembimbingnya! Namun demikian kita dapat membuat RPP sesuai dengan selera kita, atau sesuai dengan bekal yang diperolah pada saat mengikuti diklat yang membahas tentang penyusunan RPP. Jadi menurut hemat saya, tidak ada RPP yang salah, yang ada adalah lengkap atau tidak lengkap! semakin lengkap kita membuat RPP tentunya akan semakin enak juga dalam menggunakannya. Nah, tinggal kita mau yang seperti apa, enak dalam menggunakan atau enak dalam menyusun. itu adalah pilihan!

Yang perlu menjadi catatan adalah antara RPP tahun lalu dengan RPP tahun berjalan harus ada upaya perbaikan. Jika RPP hanya copy paste dan hanya ganti tahunnya saja berarti kita sudah mendholimi peserta didik, kita tidak mau belajar, kita tidak mau berubah. Bagaimana kita dapat mengajar dengan baik kalau membuat RPP saja kita malas, apalagi hanya copy paste!

Keadaan semacam ini biasanya dipengaruhi oleh Kepala Sekolah, jika seorang Kepala Sekolah tidak berupaya mengadakan perbaikan ya stafnya juga hanya akan stagnan. Buat apa susah-susah lha wong sama dengan yang dulu saja juga ditandatangani! Syukur-syukur membuat, lebih parahnya lagi kalau tidak membuat saja sertifikasinya bisa cair! Hmmmm….

Berikut ini akan saya sampaikan contoh RPP untuk mata pelajaran kewirausahaan kelas X, bagi bapak/ibu yang akan menyusun barangkali contoh ini dapat digunakan sebagai referensi.

Silakan download 1_1 IDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA!

Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “RPP KEWIRAUSAHAAN KD 1.1

    indryani said:
    Juli 18, 2012 pukul 1:47 pm

    trimakasihbu, contoh rppnya…yang selanjutnya mana?

      mbakwien responded:
      Juli 20, 2012 pukul 5:41 am

      Terima kasih atensinya, saya juga belum membuat RPP yang baru (tahun 2012/2013) kalau yang tahun lalu ada tetapi belum sesuai dengan “selera” pengawas sekolah, besuk saya usahakan saya upload lagi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s