FORM PROPOSAL USAHA KELAS XI SMK

Posted on

Pada struktur kurikulum kewirausahaan SMK Teknologi, terdapat salah satu Kompetensi Dasar yaitu Menyusun Proposal Usaha. Proposal yang dibuat sebaiknya adalah melanjutkan dari kompetensi dasar sebelumnya yaitu Menganalisis peluang Usaha, sehingga ada kelanjutan dalam pola pikir dan pola gerak.

Alur berfikirnya, ketika seorang siswa sudah belajar bagaimana cara melakukan riset pasar (wilayah tertentu) sebagai sarana berlatih jika kelak benar-benar mengembangkan usaha, maka akan mendapatkan suatu simpulan tentang jenis usaha yang masih mungkin untuk dijalankan, artinya simpulan itu tidak hanya simpulan dari asumsi saja tetapi berdasarkan fakta yang telah mereka dapatkan dari riset pasar.

ANALISIS PELUANG USAHA

Sebagai seorang pendidik kita harus mampu melihat bagaimana potensi anak, kemampuan finansial, logika berfikir dan motivasi mereka dalam belajar, sehingga kita tidak akan saklek dengan pola pikir kita sendiri. Misalnya riset pasar. Mendengar istilahnya barang kali kita akan memberikan petunjuk kepada para siswa bahwa riset yang dilakukan meliputi wilayah-wilayah (market share ) yang diharapkan/target. Namun apakah mungkin kegiatan tersebut akan memberikan mafaat yang nyata bagi mereka.

Nah, artinya kita harus mampu membuat miniatur dari share pasar tersebut. taruhlah misalnya pasar yang kita harapkan adalah lingkungan tempat tinggalnya . Berilah tugas kepada para siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi berbagai usaha yang sudah ada kemudian giringlah untuk menganalisis potensi pasarnya sehingga siswa dapat menemukan jenis usaha yang masih memungkinkan untuk dijalankan diwilayahnya sendiri. Bimbinglah siswa untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang ada kedalam ANALISIS SWOT. Jadi temuan peluang usahanya benar-benar sudah dianalisis potensi dan hambatannya. Dengan demikian diharapkan setelah lulus kelak, siswa dapat merealisasikan usaha yang sudah ditemukan lewat analisis peluang usaha.

Supaya dapat menjalankan rensana usahanya, maka kemudian disusun proposalnya. Mengenai cara menyusun proposalnya sudah pernah saya ulas pada tulisan sebelumnya.

Di sekolah kami, untuk kelas XI sudah kami buatkan form Yang digunakan sebagai latihan untuk menyusun proposalnya, namun karena memeng tidak ada aturan baku bagaimana draft proposal maka kita sebagai guru bebas dalam menenetukannya. Berikut ini adalah  FORM PROPOSAL USAHA  kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari.

Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s