LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

Posted on

Latihan Dasar Kepemimpinan atau sering disebut LDK adalah salah satu unsur pembinaan kesiswaan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan. LDK sebaiknya diberikan kepada MPK yang nota bene beranggotakan ketua kelas pada semua tingkat, dengan demikian seorang ketua kelas memahami tugas pokok dan fungsinya, namun sayangnya tak banyak yang mengetahui bahwa LDK ini sangat penting dilaksanakan. Barangkali inilah akibatnya banyak generasi muda yang susah untuk menjadi pemimpin, malu, minder, males atau bahkan ogah yang lain sajalah….” Kita (orang tua) memang tak boleh serta merta menyalahkan mereka (generasi muda , baca:siswa) karena kita memang tak membekali mereka untuk menjadi pemimpin.

Sebenarnya pemerintah sudah menginstruksikan itu, hanya kenyataan dilapanganlah yang berkata lain. Banyak kendala yang dihadapi untuk sekedar melaksanakan  Latihan Kepemimpinan bagi siswa.

Dalam kegiatan Kepramukaan juga ada yang dikenal dengan Gladian Pimpinan Satuan atau Gladian Pimpinan Regu, berarti pada dasarnya Latihan kepemimpinan bagi siswa ini sangatlah penting apapun ladang yang kita hadapi.

Sebentar lagi Pengurus OSIS, ditambah pengurus Rohis, dan Dewan Ambalan Penegak yang berpangkalan di SMK negeri 2 Wonosari akan mengadakan Latihan Kepemimpinan dalam dua sesi, yaitu outdor game dan materi kepemimpinan.

Insya Allah lokasi outbond berada di kawasan kampung nusantara dusun Njelok, Patuk.

Sambil melihat suasana pedesaan yang masih lumayan asri, dengan kesederhanaan yang terhampar semoga meresap dikalbu para peserta ang insya Allah ada sekitar 60 orang dengan pendamping 10 siswa kelas XII.

Sebelum mengikuti outdoor game peserta akan merasakan jembatan penyebarangan sungai Oya yang masih bergoyang-goyang ketika  ada yang berjalan disisi yang lain apalagi kalau berpapasan dengan sepeda motor, he…he… serasa liyud liyud!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s