Mengapa Siswa Saya Tertidur Saat Ulangan?

Posted on

Saya agak prihatin akhir-akhir ini melihat semangat siswa-siswi saya dalam belajar. Agaknya kemalasan sudah menjadi kebiasaan sebagian besar diantaranya, walau saya juga tetap merasa yakin bahwa satu diantara mereka -baca : sebagian kecil- masih ada yang memiliki semangat untuk berprestasi di kelas. Sungguh sudah menjadi kendala besar bahwa sebagian siswa saya _yang saya ampu_ mereka terlalu “sepele” memandang arti ulangan harian. Saya selalu bertanya kepada mereka, mengapa nilainya selalu jelek (yang tidak remidial paling 2 orang), apa saya membuat soal terlalu susah? Saya juga bertanya, tidak sempat membaca ya? Dan mereka selalu menjawab, Iya Bu!

Ya Allah, padahal saya membuat soal sudah dengan semangat 55, eh lha kok yang mau ulangan membaca saja tidak. Kecewa? Pasti!

Mengapa siswa sekarang berlaku seperti itu ya? Menurut pemikiran saya ada beberapa kemungkinan diantaranya :

  1. Kelelahan setelah menyelesaikan tugas yang lain.
  2. Lupa kalau ada ulangan harian
  3. Njagakake” contekan teman (strategi ini banyak sekali digunakan dan rata-rata berhasil)
  4. ‘njagakake’ masih ada remidi (apalagi kalau setiap satu kali remidi dijamin lulus)
  5. EGP

Mana yang paling dominan terjadi, saya belum dapat menyimpulkan karena belum pernah melakukan penelitian secara intensif. Harapan saya semua prediksi itu tidak ada yang betul.

Nah, lalu mengapa saya menulis judul di atas, karena benar-benar kekecewaan saya sudah di ambang batas. Masak sih pada saat ulangan siswa saya bisa tertidur? Inilah buktinya:

"Ironi"
Mengenaskan

Dengan tidak bermaksud mencemarkan nama baik seseorang atau banyak orang tapi fenomena inilah yang terjadi. Kalau ada siswa yang mampu z..z..zzz… saat ulangan dimana pada saat itu syaraf otak bekerja mencari – cari ingatan di sebelah mana dulu jawaban soal terekam, lha kok bisa-bisanya tidur dan saya ‘jepret’ saja sampai tidak terasa.

Apa yang anda pikirkan setelah dia terbangun? Hmm…hmm….. sungguh tidak etis untuk diceritakan di laman ini!

Sebagai seorang guru, pasti akan trenyuh melihat kenyataan ini, mau dibangunkan, nanti gaduh mengganggu suasana ulangan, kalau tidak kok yo talah temen le kebangetan. Kalau hasil ulangannya betul semua, pasti semua mafhum, lha kalau akhirnya juga tidak mencapai KKM?

Saya memang belum sempat bertanya mengapa bisa zz….zz…..z…. di kelas, saat ulangan lagi! Sayangnya wali kelasnya ini tidak begitu proaktif menanyakan kondisi siswanya ketika KBM berlangsung, sehingga memperparah keadaan.

  1. Mungkinkan siswa ini di rumah kurang mendapat limpahan kasih sayang dan perhatian?
  2. Mungkinkah siswa ini sedang ada masalah?
  3. Atau mungkin saja siswa ini tidak suka pada mata pelajaran saya
  4. Atau bahkan mungkin tidak suka pada gurunya
  5. Atau karena malas dan terburu-buru tidak mandi pagi sehingga badannya tidak bugar?

Pendidikan memang tak hanya berlangsung di dalam kelas, dibatasi tembok, tetapi justru di luar tembok kelas itulah, pendidikan berproses dan berpengaruh terhadap anak. Jadi mari kita perbaiki semangat kita, sesuai ketugasan kita masing-masing baik itu guru maupun siswa. Tak ada fungsinya ketika guru berupaya optimal dalam mengemas pembelajaran agar siswa aktif belajar, jika para siswa sendiri ‘enggan’ belajar. Sungguh sebenarnya yang paling dominan dalam proses belajar adalah kemauan keras siswa itu sendiri dalam belajar, jika kemauan itu sudah luntur dari benak siswa maka pembelajaran atau proses belajar tak akan berlangsung dalam dua arah.

Selamat Belajar Anak-anakku!

 

 

One thought on “Mengapa Siswa Saya Tertidur Saat Ulangan?

    yazid_3oa said:
    November 23, 2011 pukul 10:37 am

    enak bener itu yang tdur.,.blakange adit.,.,
    cp tu buk?

Tinggalkan Balasan

